1. Perhatikan jenis garansi Notebook.
Garansi Notebook itu ada beberapa macamnya yaitu garansi resmi, garansi
distributor, garansi internasional (International Warranty), dan black
market.
a. Garansi Resmi
Garansi Resmi adalah garansi yang diberikan kepada notebook yang
diimport langsung oleh perusahaan yang memang ditunjuk oleh produsen
notebook dan memang mempunyai service centre tersendiri. Service juga
berlaku penuh selama kurun waktu yang diberikan, misalnya 1 tahun.
Setiap merk umumnya mempunyai distributor tersendiri, yang bisa kami
sebutkan antara lain sebagai berikut :
- ACER : DRAGON, PAZIA, INOVASI
- ASUS : DATASCRIPT, ASTRINDO, METRODATA
- HP : ECS, METRODATA, TIXPRO
- LENOVO : ECS, METRODATA, VISILAND
- SONY : MASTERDATA
- TOSHIBA : ANEKA TECHKING INFOKOM, TIXPRO
b. Garansi Distributor
Garansi distributor adalah garansi yang diberikan kepada Notebook yang
diimport oleh perusahaan tersendiri tanpa ditunjuk oleh perusahaan
produsen. Misalnya saja "DRComputer" punya modal besar kemudian
mendirikan perusahaan sendiri khusus untuk mengimport laptop. Perusahaan
ini mempunyai izin dari pemerintah dan juga membayar bea pajak masuk
untuk laptop. Untuk masalah garansi, perusahaan ini juga mendirikan
sendiri service centernya dan produk tetap dijamin sehingga tetap aman
seperti laptop garansi resmi. Jadi kesimpulannya GARANSI DISTRIBUTOR
itu BUKAN GARANSI RESMI dan juga BUKAN BLACK MARKET (BM), karena
perusahaan pengimport laptop ini berdiri sendiri dan tidak berasosiasi
dengan produsen laptop manapun. Laptop jenis ini biasa disebut juga
dengan PI (Paralel Import, baca Pi Ai). Walaupun kami mengatakan laptop
garansi distributor itu aman tetapi ada yang perlu anda perhatikan,
laptop garansi distributor ini tidak bisa mendapatkan garansi resmi dari
service centre perusahaan garansi resmi. Jadi misalnya laptop ACER
garansi distributor tidak bisa dibawa ke service center ACER Indonesia
ataupun juga service centre dari DRAGON, PAZIA, ataupun INOVASI.
Sedangkan kalau laptop garansi resmi bisa dibawa ke mana saja. Bahkan
tidak peduli Anda membeli Notebook Acer dari DRAGON, Anda tetap bisa
membawanya ke service centre PAZIA ataupun INOVASI. Sedangkan untuk
Notebook garansi distributor jika mengalami masalah hanya bisa dibawa ke
service centre distributor itu sendiri, misalnya ACER dari SSSC hanya
bisa diservice di service centre SSSC, tidak bisa ke DRAGON, PAZIA,
INOVASI ataupun ACER Indonesia. Notebook garansi distributor ini tetap
mendapat jaminan garansi yang sama dengan Notebook garansi resmi, dan
yang perlu Anda ketahui adalah kuwalitas barang garansi distributor
adalah sama dengan garansi resmi, karena bukan dari hasil rakitan atau
refurbish atau yang sudah diganti-ganti speksifikasinya. Jadi jika anda
berniat membeli Notebook garansi distributor, anda tidak perlu khawatir
dengan kuwalitas Notebook tersebut karena dijamin aman dan harganya pun
tidak terlalu jauh dengan garansi resmi, karena masih bayar pajak masuk.
Hal-hal yang baru saja kami uraikan Itulah yang menjadi penyebab laptop
garansi resmi, umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal sedikit
jika dibandingkan dengan laptop garansi distributor. Yang termasuk dalam
Garansi Distributor sampai saat ini dan mempunyai jaminan adalah
: SSSC, DSSC, dan AEDUPAC.
c. Black Market (BM)
Bedalkan dengan garansi resmi ataupun garansi distributor, kuwalitas
Notebook BM (Black Market) sangat-sangat diragukan, barang BLACK MARKET
adalah 100% tidak resmi, masuknya tidak bayar cukai, dan bisa juga dari
hasil curian atau misalnya Anda membeli sendiri di luar negeri waktu
jalan-jalan, lalu menjualnya kembali di sini. Notebook jenis ini tidak
mendapatkan garansi apapun dari service centre, baik resmi ataupun
distributor. Jika ada kerusakan pada laptop maka yang melakukan
perbaikan adalah toko dimana anda membeli Notebook itu sendiri. Biasanya
Notebook jenis ini biasa disebut juga dengan garansi toko. Produk jenis
ini sangat diragukan kualitasnya, karena seperti yang sudah kami
katakan, bisa saja barang ini hasil rakitan sendiri dan sudah
diganti-ganti dan tidak sesuai lagi dengan spesifikasi asli dari
Notebook dengan tipe yang sama, yang menyebabkan Notebook jenis ini
Harganya pun umumnya jauh lebih murah dari garansi resmi dan garansi
distributor.
d. Internasional Warranty (garansi internasional)
Lain halnya dengan Notebook dengan fasilitas Internasional Warranty
(garansi internasional) yang bisa diterima di service center manapun di
negara manapun service center Notebook tersebut berada. Misalnya Anda
membeli Notebook Acer di Indonesia dengan fasilitas garansi
internasional kemudian waktu Anda bawa ke Australia mengalami kerusakan
sehingga harus diperbaiki. Untuk fasilitas ini yang harus anda tunjukan
adalah kartu garansi internasional kalau di Notebook Acer disebut dengan
Passport International Warranty Traveller yang tentunya harus
diverifikasi dulu, bila lolos verifikasi barulah Notebook Anda bisa
menikmati layanan perbaikan ini. Untuk fasilitas ini biasanya sudah
terintegrasi dengan Notebook garansi resmi dan juga garansi distributor.
Tetapi tidak menutup kemungkinan Notebook anda tidak lolos verifikasi,
hal ini bisa saja terjadi dan memang pernah terjadi dengan bermacam
alasan seperti Authorized Dealer tempat Anda membeli tidak terdaftar
dalam jaringan ACER worldwidesupport, dan lain sebagainya tak peduli
Notebook Anda tercover garansi resmi. Hal ini juga bisa terjadi pada
Notebook merk lain dengan fasilitas ini
2. Perhatikan kartu garansinya.
Laptop garansi resmi biasanya ada kartu garansi dari produsen
bersangkutan, misalnya Acer ada kartu garansi Acer; HP ada kartu garansi
HP; ASUS ada kartu garansi ASUS, biasanya untuk distributor Datascript,
dia menambahkan 1 kartu garansi lagi. Sedangkan garansi distributor,
kartu garansi yang dikeluarkan adalah sama untuk semua merk laptop.
Tidak ada kartu garansi merk tertentu. AEDUPAC, kartu garansinya berupa
sebuah kartu bewarna hijau. Sedangkan untuk garansi DSCC, biasa diberi
sebuah buku garansi DSCC. Dan untuk garansi SSSC juga berupa sebuah
kartu garansi dari SSSC. Tetapi dilaptopnya ada stiker hologram bulat
bertuliskan SSSC. Anda juga harus berhati-hati pada beberapa pihak yang
tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan terhadap Costumernya
dengan mengatakan kalau Notebook garansi SSSC adalah garansi resmi
karena ada stiker hologram bulat tersebut. Sedangkan produk dari
distributor lain seperti AEDUPAC dan DSCC yang memang tidak ada stiker
hologram dikatakan bukan resmi. Jelas ini adalah sebuah penipuan, karena
bagaimanapun garansi SSSC tetap bukanlah garansi resmi meskipun ada
stiker hologramnya. Selalu minta kartu garansi resmi dari merk yang
bersangkutan, karena kartu garansi itulah yang membuktikan kalau itu
garansi resmi.
3. Perhatikan cara marketingnya dalam menawarkan barang.
Anda harus perhatikan hal ini agar terhindar dari Penipuan. Marketing
yang menjajakan produknya dengan meyakinkan calon Costumer kalau barang
yang dijual di tokonya memang berGARANSI RESMI dengan cara menjelekkan
toko lain dan terang-terangan mefitnah kalau toko lain menjual barang
tidak resmi dan meminta calon pembeli juga tidak perlu mampir ke toko
lainnya. Sehingga pada akhirnya calon Costumer itupun tidak mau melirik
toko yang dimaksud marketing yang tidak bertanggung jawab ini.
Kami hanya bisa berpesan kepada Costumer dan calon Costumer untuk JANGAN
PERCAYA KEPADA HASUTAN/FITNAH YANG DISAMPAIKAN OLEH PIHAK MARKETING
DARI TOKO MANAPUN. Karena justru FITNAHAN/TUDUHAN/HASUTAN yang
disampaikan adalah TRIK PENIPUAN. Toko yang jujur dalam menjual
barangnya, akan jujur menjelaskan kepada Costumer dan calon Costumer
apakah barang yang dijualnya itu adalah garansi resmi atau garansi
distributor. Hanya toko yang TIDAK JUJUR saja yang melakukan itu karena
takut tokonya tidak laku dan takut Costumernya lari ke tempat lain.
Jangan mudah percaya dan selalu bandingkan dengan toko lain untuk
mendapatkan penjelasan lebih sebagai masukkan dalam membeli Notebook
ataupun produk IT lainya agar Anda bisa mengetahui mana marketing yang
jujur dan mana yang tidak.
Akhir kata kami ucapka terima kasih yang sebesar-besarnya atas waktu
yang Anda habiskan untuk membaca tulisan ini dan juga atas kesetian Anda
kepada kami. Selamat berbelanja dan jadilah pembeli yang cerdas. Sampai
jumpa lagi pada Tips & Trik berikutnya.
0 Response to "Kenali Jenis Garansi Notebook Untuk Menghindari Penipuan"
Posting Komentar